Search

Agar Tubuh Lebih Berenergi

Kamu tidak jarang  merasa lelah ketika  baru mulai mengerjakan  olahraga? Mungkin ini waktunya membudayakan  diri untuk santap  terlebih dahulu sebelum berolahraga. Membiasakan urusan  ini, dapat menciptakan  tubuhmu terasa lebih berenergi ketika  berolahraga, lho!

Meski santap  sebelum olahraga dapat menciptakan  tubuhmu lebih berenergi, bukan berarti kamu dapat  makan apa saja sesuka hati. Beberapa jenis makanan malah  dapat menciptakan  perut menjadi sakit dan mual andai  dikonsumsi sebelum olahraga, terlebih bila   dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, simaklah  makanan yang anda  konsumsi sebelum olahraga ya, tergolong  aturannya!



Pilihan Makanan yang Bisa Kamu Konsumsi
Ada pelbagai  pilihan makanan yang dapat  meningkatkan energimu ketika  berolahraga, berikut sejumlah  di antaranya:

Protein bar
Protein bar adalah pilihan makanan yang dapat  dikonsumsi sebelum ataupun setelah  olahraga. Di samping  praktis guna  dikonsumsi, protein bar pun  mampu menambah  dan membalikkan  energi yang anda  butuhkan guna  berolahraga. Hal ini karena, camilan satu ini berisi  protein dan pun  karbohidrat. Kamu yang hendak  menjadikan protein bar sebagai sumber energi dianjurkan  untuk mengonsumsinya 3-4 jam sebelum olahraga dilakukan.

Pisang
Coba deh, anda  konsumsi pisang sebelum olahraga. Pisang dapat menambah  energimu sebab  buah satu ini berisi  karbohidrat, kalium, dan vitamin B6. Pisang dan buah segar lainnya dapat menambah  energimu ketika  berolahraga, tetapi  dengan catatan, kamu disarankan  untuk mengonsumsinya 1 jam sebelum berolahraga.

Smoothies
Smoothies bisa  menjadi minuman sekaligus makanan sehat yang dapat  kamu konsumsi sebelum olahraga. Tapi sebelum mengonsumsinya, pastikan bahan yang dipakai  untuk menciptakan  smoothies bebas ekstra  gula, ya!

Agar lebih aman dan sehat kamu dapat  membuat smoothies sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan buah pribumi  dengan susu almon, dihaluskan, kemudian  mengonsumsinya 1 jam sebelum olahraga. Tubuhmu bakal  terasa lebih berenergi deh, setelahnya.

Oatmeal
Oatmeal pun  pilihan makanan yang dapat  meningkatkan energimu ketika  olahraga lho. Oatmeal yang tercipta  dari gandum utuh, tanpa ekstra  gula, membawa   manfaat untuk  kesehatan tubuh. Bagi  menjadikan oatmeal sebagai sumber energi, kamu dapat  mengonsumsinya 2-3 jam sebelum olahraga.

Perhatikan Jeda Waktu Makan
Tak melulu  jenis makanannya saja, kamu pun  perlu menyimak  jeda waktu santap  sebelum berolahraga. Berikut keterangan  lebih lanjut mengenai  jenis makanan yang usahakan  dikonsumsi sebelum olahraga cocok  dengan jeda waktunya:

Empat hingga  tiga jam sebelum olahraga
Makanan yang dapat  dikonsumsi 4-3 jam sebelum olahraga, yakni  protein bar, roti bagel, kentang panggang, sereal dengan susu, dan pasta.

Dua hingga  tiga jam sebelum olahraga
Jika kamu melulu  mempunyai  jeda masa-masa  2- 3 jam saja, maka di samping  oatmeal, makanan yang dapat  kamu konsumsi ialah  nasi merah, sayuran yang direbus atau dipanggang, daging tanpa lemak, telur dan roti gandum utuh dengan olesan alpukat, serta semangkuk buah potong.

Dua hingga  satu jam sebelum olahraga
Di samping  smoothies, makanan yang dapat  menjadi sumber energi dan baik dikonsumsi 2-1 jam sebelum olahraga ialah  pisang, apel, jeruk, dan yoghurt.

Sesuaikan jenis olahraga, jeda masa-masa  sebelum olahraga dan opsi  makanan, supaya  kamu dapat  tetap berolahraga dengan nyaman, lebih bertenaga, dan meminimalisir  risiko timbulnya  sakit perut.

Nah, tersebut  dia makanan dan aturan santap  sebelum olahraga. Jika kamu hendak  membiasakan diri untuk santap  sebelum olahraga, tidak boleh  lupa simaklah  pilihan makanan dan masa-masa  mengonsumsinya. Bila butuh  konsultasikan dengan dokter supaya  diberikan pola santap  yang cocok  dengan kebutuhanmu, terlebih andai  kamu ialah  seorang olahragawan atau mempunyai  gangguan kesehatan tertentu.

Post a Comment

0 Comments